Ads 468x60px

Senin, 30 April 2012

Indahnya kebersamaan


Reade more >>

APA ITU PARTS OF SPEECH???

PARTS OF SPEECH

A. Definisi

The parts of speech merupakan klasifikasi atau jenis-jenis kata dalam bahasa Inggris.

B. Manfaat Mempelajari parts of speech (pos)

     Setiap kata dalam bahasa Inggris memiliki jenis atau part of speech tertentu. Selanjutnya, setiap jenis kata tersebut memiliki tempat tertentu dalam kalimat. Mempelajari parts of speech (pos) menjadi penting karena kualitas pemahaman dan penguasaan terhadap materi ini dapat memudahkan para pembelajar bahasa Inggris setidaknya dalam beberapa hal berikut:

1. Mengenal setiap jenis kata dalam bahasa Inggris.

Contoh:

- Kata ‘dream’ dapat hadir dalam kalimat sebagai verb (kata kerja) sehingga berarti bermimpi, melamun atau bercita-cita, namun juga dapat hadir sebagai noun (kata benda) sehingga berarti impian, lamunan atau cita-cita.

- Kata sabar dalam bahasa Inggris adalah patient (adjective atau kata sifat),kesabaran adalah patience (noun atau kata benda) dan ‘dengan sabar’ adalahpatiently (adverb atau kata keterangan).

2. Meletakkan kata dalam kalimat dengan benar berarti meletakkan kata sesuai dengan part of speech-nya.

Contoh:

Kalimat ‘Menulis memberikanku kebahagiaan’, kita dapat mengatakan ‘Writing gives me happiness. Subjek pada kalimat tersebut adalah ‘menulis’ kita menggunakan ‘writing’ bukan ‘write’ karena ‘writing’ merupakan ‘gerund’ yaitu salah satu bentuk verb yang dapat menduduki posisi subjek dalam

kalimat. Sementara ‘write’ merupakan ‘verb’ dalam bentuk present (v1) dan ‘verb’ dalam bentuk ini tidak dapat menduduki posisi subjek. Mengenali jenis ‘verb’ merupakan salah satu pokok bahasan penting dalam POS.

3. Memahami dua bentuk kalimat utama dalam bahasa Inggris yaitu kalimat verbal dan nominal.

Contoh:

Seseorang akan yakin mengatakan ‘She forgot about it’ atau ‘She is forgetful’,dan tidak akan pernah mengatakan ‘She is forget about it’ ketika ia mengetahui bahwa forget adalah verb dan forgetful adalah adjective (kata sifat). Pada kasus tersebut, verb diletakkan pada verbal sentence dan adjective pada nominal sentence. ‘She forgot about it’ dinamakan verbal sentence dan‘she is forgetful’ dinamakan nominal sentence; pemahaman verbal atau nominal sentence terkait erat dengan pemahaman dan penguasaan pos.

4. Memahami dan menguasai tenses bahasa Inggris.

Salah satu topik dan bekal utama dalam menguasai bahasa Inggris adalah tenses. Penguasaan tenses secara komprehensif meliputi:

a. empat jenis tenses utama (present, past, future dan past future),

b. tenses untuk active dan passive sentence,

c. tenses untuk verbal dan nominal sentence,

(semuanya) dalam bentuk positive, negative, interrogative Penguasaan tenses tidak semata hafalan namun diawali dari pemahaman materi pos. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang pos akan memudahakan penguasaan tenses secara komprehensif.

C. The Eight Parts of Speech

Klasifikasi kata dalam bahasa Inggris terdiri dari delapan (8) jenis, yaitu:

1. Noun : kata benda          5. Adverb : kata keterangan

2. Pronoun : kata ganti       6. Preposition : kata depan

3. Adjective : kata sifat      7. Conjunction : kata penghubung

4. Verb : kata kerja             8. Interjection : kata seru

Reade more >>

Mengapa Harus Belajar Grammar?

Grammar atau tata bahasa adalah sistem dari sebuah bahasa. Orang-orang terkadang menyebut grammar sebagai “kaidah (rules)” dari sebuah bahasa; tetapi pada kenyataannya tidak ada bahasa yang memiliki kaidah. Jika kita menggunakan kata “kaidah”, berarti kita memaksudkan bahwa sebelum orang bisa berbicara harus ada kaidah terlebih dahulu. Tetapi bahasa tidak terjadi dengan cara seperti itu. Bahasa dimulai dengan orang-orang yagn menghasilkan bunyi yang berkembang menjadi kata, frase dan kalimat. TIdak bahasa umum yang tetap. Semua bahasa berubah dari waktu ke waktu. Apa yagn kita sebut sebagai “grammar” hanya merupakan refleksi dari sebuah bahasa pada saat tertentu.
Apakah kita perlu mengkaji grammar untuk mempelajari sebuah bahasa? Jawaban pendeknya adalah “tidak”. Sangat banyak orang di dunia yang menggunakan bahasa asli mereka tanpa mempelajari tata bahasanya. Anak-anak mulai belajar bahkan sebelum mereka mengetahui kata “grammar”. Tetapi jika Anda serius untuk mempelajari sebuah bahasa asing (yang berbeda dengan bahasa asli Anda), maka jawabannya adalah “ya”, grammar bisa membantu Anda untuk mempelajari sebuah bahasa dengan lebih cepat dan lebih efisien.” Penting untuk menganggap grammar sebagai sesuatu yang dapat membantu Anda, seperti seorang teman. Ketika Anda memahami grammar (atau sistem) dari sebuah bahasa, Anda bisa memahami banyak hal sendiri, tanpa harus bertanya kepada seorang guru atau melihat buku.
Jadi anggaplah grammar sebagai sesuatu yang baik, sesuatu yang positif, sesuatu yang bisa Anda gunakan untuk mencari jalan seperti sebuah peta.
Reade more >>

Tahapan-Tahapan penting dalam Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana tahapan-tahapan dalam belajar bahasa Inggris? Apa yang harus dilakukan pertama kali? Dan strategi apa yang tepat dalam mempelajari bahasa Inggris?


Pertanyaan-pertanyaan ini memang sering dijumpai di kalangan para pemula, khususnya yang belajar tanpa lembaga yang menuntun seperti kursus dan sekolah bahasa. Well, hal ini sangat penting karena untuk berhasil belajar bahasa Inggris diperlukan tahapan awal yang benar. Mari kita simak penjelasan berikut.
Mulai dari mana?


Mengapa kamu ingin belajar bahasa Inggris?


Sebelum memulai belajar bahasa Inggris, tanyakan pada diri sendiri satu pertanyaan, Mengapa saya ingin belajar bahasa Inggris? Apakah memang karena keinginan kamu, atau karena ada orang lain yang menginginkan kamu belajar? Seperti setiap keputusan dalam kehidupan, belajar bahasa Inggris harus menjadi keputusan yang kamu inginkan sendiri.


Menentukan tujuan atau target


Jika kamu sudah tahu mengapa kamu ingin belajar bahasa Inggris, maka penentuan tujuan atau target akan menjadi mudah. Contoh, mungkin kamu ingin bepergian ke luar negeri atau ingin melanjutkan pendidikan di sana. Dengan tujuan dan target ini otomatis kamu harus bisa speaking dan mengetahui bahasa Inggris sehari-hari. Selain itu perlu juga meningkatkan skill listening dan pronunciation. Apapun tujuan Anda, tuliskan semuanya.


Membuat agenda atau jadwal belajar


Berapa lama kamu perlu belajar untuk mencapai tujuan atau sasaran yang sudah kamu tentukan di atas? Jawaban ini tentu berbeda-beda bagi setiap orang. Hal yang terpenting adalah kamu realistis. Mulailah secara perlahan tetapi reguler. Gunakan material yang menantang, tetapi tidak terlalu sulit. Cari metode-metode belajar yang cocok bagi Anda. Setelah belajar beberapa pekan, sesuaikan jadwal belajar Anda senyaman mungkin. Mungkin kamu belajar maksimal di malam hari, atau saat di bus atau dalam perjalanan ke sekolah/kampus/tempat kerja? Mungkin kamu suka belajar sendiri di tempat yang tenang, atau dengan teman dan sambil mendengar musik. 

Belajar bahasa Inggris memerlukan banyak motivasi. Jika kamu sudah yakin siap mulai belajar, buatlah sebuah komitmen. Jika perlu buat kontrak perjanjian dengan diri sendiri. Ini akan memberikan motivasi yang sangat besar.


Senang belajar bahasa Inggris


Hal yang dapat dilakukan dengan baik dalam hidup adalah hal-hal yang kita senang dan enjoy melakukannya. Jika kamu tidak merasa senang dalam belajar bahasa Inggris berarti kamu tidak belajar dengan cara yang benar.
Menyeimbangkan 4 Skill Kunci (Listening, Speaking, Reading, Writing)




Kebanyakan orang belajar bahasa Inggris karena ingin berkomunikasi secara lebih baik dalam bahasa Inggris. Jika ini adalah tujuan yang telah kamu tetapkan, penting untuk mempelajari secara seimbang keempat skill utama. Listening, Speaking, Reading dan Writing adalah skill-skill utama (makro) yang kamu perlukan untuk berkomunikasi dalam bahasa apapun. Memiliki kemampuan yang sangat baik pada salah satu skill saja tidak akan membantu kamu untuk dapat berkomunikasi. Contoh, kamu perlu mengetahui cara membaca dengan baik sebelum kamu bisa menulis dengan baik. Kamu juga perlu mampu listening sebelum kamu bisa speaking.




Terkadang ada yang menanyakan skill mana yang paling penting? Karena semua skill ini bergantung satu sama lain, maka semuanya penting. Akan tetapi, untuk berkomunikasi kita menggunakan beberapa skill lebih sering dibanding skill lainnya. Contoh, sekitar 40% waktu yang kita habiskan dalam komunikasi digunakan untuk listening. Kita berbicara (speaking) sekitar 35% dari waktu tersebut. Sekitar 16% komunikasi berasal dari membaca (reading), dan sekitar 9% dari menulis (writing).




Setiap skill utama atau skill makro ini memiliki lagi beberapa skill mikro di dalamnya. Contoh, pronunciation adalah salah satu jenis skill speaking yang harus dipraktikkan untuk memperbaiki komunikasi. Pengejaan (spelling) adalah sebuah skill yang menjadikan kata-kata tertulis lebih mudah dipahami. Grammar dan vocabulary adalah skil mikro yang lain. Skill mikro tidak berarti bahwa tidak penting. Skill-skill makro seperti listening sangat umum, sedangkan skill-skill mikro lebih spesifik.


Agar mendapatkan hasil yang maksimal, buatlah sebuah agenda/jadwal belajar yang menggabungkan keempat skill ini. Contoh, baca sebuah cerita (raeding) dan kemudian diskusikan dengan seorang teman (speaking). Nonton sebuah film (listening) dan kemudian tulis tentang film itu (writing). (Contoh agenda di atas sudah mencakup keempat skill, tinggal kamu sesuaikan saja).
Reade more >>

Minggu, 29 April 2012

Mudahnya Tenses

Hafal 16 Tenses dalam 5 menit

      Hari gini belom hafal tenses???hehee
Santai sob, nech ada jurus ampuh belajar cepat menghafal rumus tenses dan langsung contohnya, Cuma butuh waktu 5 menit bisa menghafalkan 16 konsep dasar tenses, so kalian cuma butuh sedikit waktu buat fokus sebentar didepan laptop, hafal tenses dech. Mudah kan? asal belajarnya beneran sob,hahaa..masih gak percaya, langsung saja nih ada lagu 16 tenses yang wajib kalian hafalkan, mudah kok..pernah denger lagunya gebi yang awalnya " pernah ada rasa cinta antara kita kini tinggal kenangan"?? nah, sekarang coba dech kalian ganti lirik lagunya dengan 16 tenses dibawah ne,,Selamat Mencoba!!

Let's Sing Together 

                                      I Sing a song                                      
I am singing a song
I have sung a song
I have been singing a song

I sang a song
I was singing a song
I had sung a song
I had been singing a song

I will sing a song
I will be singing a song
I will have sung a song
I will have been singing a song

I would sing a song
I would be singing a song
I would have sung a song
I would have been singing a song

Ooh My Tenses . .

 . 
 Rumus Tenses Kalimat Verbal Positif

Simple Present                           S+V1(s/es)+O
Present Continuous                    S+(is,am,are)+Ving+O
Present Perfect                           S+(have/has)+V3+O
Present Perfect Continuous        S+(have+been)+Ving+O

Simple Past                                S+V2+O
Past Continuous                         S+(was/were)+Ving+O
Past Perfect                                S+(had)+V3+O
Past Perfect Continuous             S+(had+been)+Ving+O

Simple future                             S+(will/shall)+V1+O
Future Continuous                    S+(will/shall+be)+Ving+O
Future Perfect                           S+(will/shall+have)+V3+O
Future Perfect Continuous        S+(will/shall+have+been)+Ving+O

Simple Past Future                  S+(would/should)+V1+O
Past Future Continuous          S+(would+/should+be)+Ving+O
Past Future Perfect                 S+(would/should+have)+V3+O
Past Future Perfect Cont        S+(would/should+have+been)+V3+O
                                                  

So...ne saatnya kita belajar dr yang paling dasar dulu aja deh, kalo dah ngerti and hafal lagu ini,urusan tenses gampang bgd ...And yang paling penting, harus hafal nama tensesnya dulu sob, kan gk lucu kalo cuma hafal lagu n rumus y doank.. So pahami nama-nama tenses y dulu yachh???

GOOD LUCK



 
Reade more >>

Gallery 1






Reade more >>

About

Reade more >>

Listening 1

Reade more >>

Vocab 1

Reade more >>

Speaking 1

Reade more >>

Writing 1

Reade more >>

Reading 1

Reade more >>